Selasa, 09 Juli 2013

Penampilan Tidak Menarik, Pekerja Diperlakukan Buruk

Sebuah penelitian yang dilakukan Michigan State University mengungkapkan kenyataan bahwa kantor-kantor di Amerika menganggap penampilan sebagai hal yang penting. Jika seorang karyawan dianggap tidak menarik dalam hal penampilan, maka mereka akan cenderung untuk diremehkan dan ditindas oleh rekan kerja mereka di kantor.

Hal ini cukup senada dengan penelitian yang menunjukkan bahwa siswa yang menarik cenderung lebih populer di sekolah. “Jadi, meskipun kita suka berpikir bahwa kita profesional dan lebih dewasa ketika telah bekerja, kenyataannya sikap kita sama saja seperti saat kita masih sekolah,” ujar Brent Scott, salah satu peneliti.

Sebagai bagian dari penelitian, para peneliti menyurvei 114 pekerja di fasilitas kesehatan di bagian tenggara Amerika Serikat. Tujuannya untuk mengetahui seberapa sering rekan kerja para pekerja tersebut melakukan kekejaman terhadap mereka. Termasuk mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan, bertindak kasar, atau mengolok-olok mereka.

Mereka menemukan pekerja yang berpenampilan tidak menarik diperlakukan jauh lebih kasar dibandingkan karyawan yang lebih menarik. Bahkan ketika faktor-faktor lain seperti usia, jenis kelamin, dan seberapa lama bekerja di pusat kesehatan sudah diperhitungkan, perlakuan tersebut tidak mengalami perubahan.

Para peneliti juga mengumpulkan informasi tentang faktor seberapa menyenangkan atau ramah para pekerja terhadap cara mereka diperlakukan, berdasarkan kuesioner yang diisi oleh istri, pasangan atau teman baik mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa para pekerja yang tidak menyenangkan, seperti halnya yang tidak menarik, cenderung diperlakukan lebih kasar dibandingkan rekan kerja mereka. (BusinessNewsDaily)

http://intisari-online.com/read/penampilan-tidak-menarik-pekerja-diperlakukan-buruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar