Senin, 17 Juni 2013

5 Langkah Yang Membuat Hidup Berubah

Wawancara kerja tidak hanya bertujuan menilai kemampuan, tetapi juga kepribadian kita. Keberhasilan wawancara kerja ditentukan oleh kesan yang kita ciptakan. Berikut lima cara menciptakan kesan baik saat wawancara kerja:

1. Berpakaian sopan.

Pakaian yang kita kenakan mencerminkan kepribadian diri kita. Perekrut bisa menilai kita melalui baju yang kita pakai. Saat wawancara kerja, kita sangat disarankan untuk mengenakan busana resmi, bersih, dan rapi. Hal ini untuk memberi kesan bahwa kita serius dan sungguh-sungguh wawancara untuk mendapatkan perkerjaan tersebut.

2. Datang tepat waktu.

Salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan wawancara kerja adalah hadir tepat waktu. Setidaknya, kita perlu datang 20 menit sebelum waktu yang telah dijadwalkan. Datang lebih cepat memberi kita waktu untuk mempersiapkan diri. Selain itu, datang tepat waktu memberi kesan kita serius dan mampu menjadi karyawan yang dapat diandalkan.

3. Percaya diri.

Percaya diri juga salah satu faktor paling menentukan keberhasilan wawancara kerja. Tidak ada perusahaan yang ingin merekrut orang pemalu untuk pekerjaan serius.
Selama proses wawancara, rasa percaya diri membuat kita mampu memberikan jawaban yang relevan dengan pertanyaan yang diajukan perekrut. Namun jika tidak yakin dalam menjawab sebuah pertanyaan, kita harus jujur bahwa kita tidak tahu. Namun, kita juga perlu berhati-hati untuk tidak terlalu percaya diri.
Selain itu, kita perlu mengandalkan kontak mata dan duduk dengan tegak saat wawancara kerja. Lantas ingat, jangan makan permen karet saat wawancara. Sebaiknya kita juga jangan memasukkan tangan ke dalam saku.

4. Ajukan pertanyaan cerdas.

Dalam wawancara kerja, kita biasanya diberi kesempatan untuk bertanya. Saat kesempatan ini datang, kita perlu mengajukan pertanyaan cerdas dan relevan yang memperlihatkan minat serta ketertarikan kita pada perusahaan. Namun, kita perlu berhati-hati dalam mengajukan pertanyaan. Saat wawancara kerja pertama, kita tidak perlu bertanya mengenai keuntungan perusahaan dan gaji. Sebab, hal ini bisa memberi kesan bahwa kita serakah.

5. Mengucapkan terimakasih.

Sebelum meninggalkan ruang wawancara kerja, kita perlu mengucapkan terimakasih kepada para perekrut. Kita bisa mengajukan jabat tangan dengan para perekrut seraya berkata, "Terima kasih." Tindakan ini memberi kesan bahwa kita adalah orang yang sopan. (Careerealism)

http://intisari-online.com/read/5-langkah-yang-membuat-hidup-berubah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar