Senin, 22 Oktober 2012

Meninjau Kembali Hidup Kita

Jika Anda berpikir bahwa tahun mendatang akan menjadi tahun terakhir Anda, perubahan apa yang akan Anda lakukan dalam hidup? Siapa yang akan Anda hubungkan dengan ini? Apakah Anda punya penyesalan? Ini adalah beberapa pertanyaan penulis Stephen Levine, yang mulai bertanya setelah bertahun-tahun mengajar meditasi dan teknik penyembuhan untuk pasien yang sakit parah.

Levine melakukan proyek penelitian sendirian. Ia menyebutnya “tahun untuk hidup”. Ia bertindak seolah-olah ia hidup hanya untuk satu tahun lagi. Ia mengkaji kembali peristiwa masa lalu yang telah berdampak pada hidupnya, baik dan buruk. Proses ini menginspirasi Levine untuk menunjukkan rasa terima kasihnya dan penghargaan kepada banyak orang yang telah menyentuh hidupnya dengan cara yang positif.

Langkah itu membantunya untuk lebih mengembangkan rasa penuh kasih dan welas asih di dunia. Ia menemukan kekuatan untuk memaafkan kesakitan dan kebencian di masa lalu. Pikiran sekarat Levine menemukan keberanian untuk berkomitmen penuh pada hidup –untuk mempercayai bahwa tidak ada yang bisa menyakitinya sekarang.

Bila Anda meminjam waktu untuk hidup, setiap menit akan diperhitungkan. Jika Anda bisa menciptakan makna yang lebih dalam hidup Anda, apa yang akan Anda lakukan? Lebih penting lagi, apa yang Anda tunggu?

http://intisari-online.com/read/meninjau-kembali-hidup-kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar