Rabu, 19 September 2012

Saat Sumber Daya Nirkabel Mengubah Dunia

http://intisari-online.com/read/saat-sumber-daya-nirkabel-mengubah-dunia
Mon, 10 Sep 2012 13:01:00

Intisari-Online.com - Teknologi pengisian daya nirkabel bukanlah hal yang baru. Beberapa lembaga penelitian terus mengembangkan teknologi tersebut. Jarak untuk mengantarkan daya juga terus ditambah dari menempel, kemudian mencapai jarak beberapa sentimeter hingga akhirnya diharapkan dapat mencakup seluruh ruangan tempat perangkat berada.

Berikut beberapa teknologi pengisian daya nirkabel, baik yang sudah ada maupun yang sedang dikembangkan:

Pengisian daya pada ponsel pintar.

Dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan oleh Wireless Power Consortium, Nokia memperkenalkan ponsel Lumia 920 yang dayanya dapat diisi ulang hanya dengan meletakannya di atas bantalan empuk.

Menjaga jantung buatan tetap aktif.

Tidak sedikit orang yang menggunakan jantung buatan, yang harus tersambung dengan sumber tenaga melalui kabel yang dimasukan dalam kulit. Untuk itu, teknologi pengisian daya nirkabel diharapkan tidak lagi serumit itu. Beberapa pilihan peletakan sumber energi antara lain berupa rompi atau sebuah perangkat yang diletakan di sekitar pengguna jantung buatan sehingga dia dapat lebih bebas beraktivitas.

Pengisian daya nirkabel pada mobil listrik.

Nah, dikarenakan mobil listrik diproyeksikan sebagai kendaraan masa depan, penggunaan pengisian daya nirkabel diharapkan dapat mempermudah perkembangannya. Pengguna tidak harus mengisi daya seperti halnya mengisi bahan bakar minyak, tapi cukup menaruh mobil di tempat parkir. Tentu saja tempat parkir tersebut telah menyediakan pengisian daya nirkabel yang diletakkan tepat di bawah mobil. Saat ditinggalkan parkir, daya akan terisi dengan sendirinya.

Membawa pengisian daya nirkabel saat perang.

Saat ini, tentara, terutama dari negara-negara maju kerap membawa perangkat elektronik. Tentu saja ini dibarengi dengan dibawanya banyak baterai atau semerawutnya kabel untuk pengisian daya, yang kadang merepotkan gerakan mereka. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan teknologi pengisian daya nirkabel. Tinggal membawa satu sumber tenaga dalam ransel, pengisian daya dapat dilakukan kapan saja, bahkan saat berperang.

Pengisian daya nirkabel di mana saja.

Massachusetts Institute of Technology sedang mengembangkan WiTricity. Perangkat ini diharapkan mampu melakukan pengisian ulang laptop, ponsel pintar bahkan robot rumah tangga dengan sebuah pemancar yang berupa kumparan ke seluruh ruangan dimana perangkat-perangkat tersebut berada. Tentu saja tidak hanya kabel yang dapat hilang, tapi juga penggunaan baterai pada perangkat elektronik.

(InnovationNewsDaily)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar