Jumat, 21 September 2012

Acara Favorit Bikin Pikiran Segar

Menonton siaran ulang acara televisi favorit ternyata bisa menolong kita mengatasi tugas yang sulit. Caranya, ia membantu mengembalikan kontrol dan kemauan diri kita. Itulah penelitian terbaru seperti dilansir dari livescience.com.

Jaye Derrick, seorang ilmuwan di Buffalo Research Institute on Addictions menjelaskan bahwa kondisi mental seperti kehilangan semangat dan pengendalian diri bisa saja mendera kita sewaktu-waktu. Namun, beberapa kegiatan semacam menonton tayangan ulang acara favorit bisa mempercepat pemulihan.

"Ketika Anda menonton tayangan ulang acara favorit, Anda biasanya tidak harus menggunakan setiap waktu dan upaya untuk mengontrol apa yang Anda pikirkan, katakan, atau lakukan," kata Derrick. "Anda tidak mengerahkan energi mental yang diperlukan untuk pengendalian diri atau kemauan. Pada saat yang sama, Anda menikmati 'interaksi' Anda dengan karakter acara TV. Dan kegiatan ini mengembalikan energi Anda."

Dalam salah satu penelitian yang dilakukan Derrick, sekelompok peserta membuat catatan harian tentang tugas sulit mereka, konsumsi media, dan tingkat energi. Hasilnya terungkap bahwa para peserta cenderung mencari tayangan ulang dari acara televisi favorit mereka, atau meninjau kembali film atau buku favorit bila mereka harus melakukan tugas-tugas sulit di siang hari.

Di bagian lain dari penelitian, peserta harus menyelesaikan tugas, baik yang perlu konsentrasi atau tugas kurang terstruktur yang tidak memerlukan begitu banyak usaha. Kemudian, setengah dari peserta menulis tentang acara TV favorit mereka, sementara yang lain mencantumkannya di kamar. "Tapi, menonton apa pun di televisi tidak memberikan manfaat yang sama," kata Derrick. "Dan mungkin yang mengejutkan, menonton episode baru dari acara televisi favorit untuk pertama kalinya tidak memberikan manfaat yang sama," ujar Derrick.

Nah, bagaimana dengan Anda?

http://intisari-online.com/read/acara-favorit-bikin-pikiran-segar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar