Sabtu, 06 April 2013

Bawahan Sering Meragukan Kemampuan Atasannya

Sebuah penelitian terbaru menemukan banyak pekerja yang ragu pada kemampuan pemimpin perusahaan tempat mereka bekerja, terutama untuk membuat pekerjaan berjalan lancar, mengarahkan tanggung jawab dan menginspirasi pengambilan risiko. Selain itu, lebih dari 40 persen percaya bahwa justru individu karyawan, bukan atasan, yang memiliki dampak paling besar pada budaya perusahaan.

Penelitian yang dilakukan oleh firma konsultasi Root Inc. mengungkapkan bahwa kurang dari 40 persen pekerja merasa manager mereka membangun hubungan kerja yang efektif dengan mereka. Hanya 26 persen yang menyatakan manajer mereka mewujudkan nilai yang sama dengan apa yang mereka harapkan.

Pengawas juga dianggap tidak memberikan motivasi dengan sangat baik pada para karyawan yang bekerja pada mereka. Lebih dari dua pertiga karyawan yang disurvei merasa pemimpin perusahaan mereka lebih baik dalam pekerjaan mereka sendiri dibandingkan menginspirasi karyawannya agar menjadi lebih baik.

Dalam penelitian ini juga terungkap adanya hubungan yang tegang antara karyawan dan atasannya mengakibatkan rendahnya keyakinan pada sebagian besar karyawan terhadap atasannya.

Kurang dari seperempat karyawan tersebut merasa manajemen di tingkat atas benar-benar memiliki ketertarikan pada isi hati sebagian besar karyawannya. Sementara itu, kurang dari setengahnya berpikir bahwa para eksekutif ini berkomitmen pada visi perusahaan.

“Menghubungkan setiap orang dengan strategi perusahaan, dapat menciptakaan budaya yang baik yang dapat mendukung perilaku dan proses yang sejalan dengan strategi tersebut,” ujar Rich Berens, presiden Root Inc.

Untungnya, menurut Berens,“Meski tidak mudah untuk mengubah perubahan budaya dan cara berkomunikasi yang berbeda, semuanya masih mungkin untuk dilakukan. Selain itu, setiap perubahan yang dilakukan secara bertahap tetap dapat memberikan hasil yang signifikan.” (BusinessNewsDaily)

http://intisari-online.com/read/bawahan-sering-meragukan-kemampuan-atasannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar