Rabu, 24 April 2013

4 Langkah Dapat Pekerjaan

Terkadang, mahasiswa yang baru lulus kuliah sulit memperoleh pekerjaan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Menurut seorang pakar, keberhasilan seseorang dalam memperoleh pekerjaan bisa tergantung pada keterampilannya dalam memperluas jaringan.

Meski tampak sulit, namun sesungguhnya membangun jaringan di era jejaring sosial adalah hal mudah, demikian menurut Michael Brown, seorang konsultan karier dan penulis buku Fresh PASSION: Get a Brand or Die a Generic (Greenleaf Book Group Press, 2013).

Berikut cara meningkatkan jaringan yang ditawarkan oleh Brown.

1. Dimulai lewat akun jejaring sosial kita.

Kini, banyak jejaring sosial yang bisa diandalkan seperti LinkedIn. Melalui LinkedIn, kita bisa mengenal banyak orang. Selain itu, banyak informasi yang tersedia di LinkedIn dan sangat berguna bagi kita yang sedang butuh pekerjaan.

2. Selalu berpikir untuk memperluas jaringan.

Kita harus fokus pada pertumbuhan jaringan. Setiap hari, ketika berkenalan dengan orang baru, kita perlu meminta kartu nama. Kemudian, kita bisa mencari nama mereka di jejaring sosial, lantas menjalin pertemanan. Barangkali, orang yang baru kita kenal bisa membantu mencarikan pekerjaan.

3. Perbanyak jumlah teman.

Jangan terlalu selektif ketika hendak berteman dengan orang lain. Barangkali, suatu saat, kita butuh informasi penting terkait lowongan pekerjaan atau perkembangan karier.

4. Berani minta bantuan.

Kita tidak perlu takut minta dikenalkan dengan orang lain yang berpontensi memberikan pekerjaan. Kita harus berani. Orang lain mungkin akan senang ketika dimintai bantuan. (BusinessNewsDaily)

http://intisari-online.com/read/4-langkah-dapat-pekerjaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar